Selasa, 11 Oktober 2011

Kata Siapa Majelis Maulid itu haram ?


Assalamu’alaikum wr.wb.

Bismillahirrahmanirahiim
Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘ala aali sayyidina muhammad

Berkumpul / bermajelis diisi dengan berdzikir kepada allah , ataupun membaca sholawat kepada baginda nabi Muhammad saw , adalah suatu perkumpulan yang baik , yang sangat disukai oleh allah dan juga rasulullah.Tapi , dewasa ini banyak kalangan-kalangan , golongan-golongan yang menyebutkan bahwa hal tersebut adalah bid'ah dan bid'ah itu haram, gak ada di zaman rasulullah.sekarang aku tanya pada kalian , wahai penentang majelis maulid , apakah jelek kita bersilaturahmi dengan para ulama' ? apakah jelek kita berdzikir kepada allah ? apakah jelek kita bersholawat kepada nabi ? apakah jelek kita mendengarkan ilmu ? lalu apakah jelek kita membaca bigrafi nabi , membaca akhlaq nabi ? yang hal tersebut sebetulnya diambil dari hadits-hadits yang shohih ?
Sekarang kita kembalikan kepada kehidupan kita.Membaca biografi presiden , apakah itu baik ? membaca biografi para ilmuan , apakah itu baik ? semua jawaban pertanyaan tersebut adalah baik , lalu apakah membaca biografi itu tidak baik , apakah itu termasuk bid'ah ?? hukumnya haram ?? , Rasulullah adalah afdholnya manusia , jika dibandingkan dengan orang-orang dengan kedudukan tadi , sungguh tidak ada apa-apanya.Jikalau mereka berpendapat bahwa itu semua bid'ah , coba kita lihat , organisasi-organisasi keagamaan saat ini , yang ada di negara kita antara lain : NU , Muhammadiyah , HTI , Naqsabandiyah , dan golongan2 yang lainnya , apakah semua itu ada pada zaman rasulullah ? , Lalu apakah kalian akan mengharamkan golongan-golongan yang telah saya sebutkan tadi ? kalo memang iya maka golongan kalian pun akan termasuk pada hal bid'ah.
            Satu hal lagi , di negara kita banyak tempat pendidikan , universitas-universitas , dan tentu kalian pasti yakin , bahwa hal tsb tidak ada di zaman rasulullah.Lantas apakah kalian akan mengharamkan tempat pendidikan itu ? jikalau iya , berarti semua universitas , di negara kita adalah haram ?. Lalu alat komunikasi seperti telepon , HP , alat transportasi seperti mobil , sepeda motor , media elektronik seperti televisi , radio  dsb, apakah juga akan kalian haramkan , kalo emang iya , Sungguh akan sangat lucu untuk membayangkan bagaimana anda akan bepergian jauh jikalau alat transportasi itu kalian haramkan ? apakah kalian akan jalan kaki ? atau naik kuda ? atau naik unta ?.lalu bagaimana anda akan memperoleh informasi-informasi yang teramat penting jikalau tv pun kalian haramkan?.
            Selayaknya kita para pecinta majelis , tidak usah lah memikirkan hal itu , kita liat saja para khadim majelis kita / pemimpin majelis kita , galilah informasi tentang sand keilmuan mereka , pasti jikalau sanad keilmuan itu kita untai , akan bersambung kepada baginda nabi muhammad saw sang maha guru para ulama.dan juga kalau anda para pecinta majelis bertemu dengan golongan-golongan penentang majelis , katakan kepadanya bisakah anda menjelaskan sanad keilmuan anda ? tentu sanad mereka tidak akan bersambung kepada nabi , karena mereka selalu bertentangan dengan hal itu.
            Lalu sekarang bagamana sih , cara menyikapi kalangan-kalangan/golongan-golongan yang menentang adanya majelis maulid ?
1. Katakan kepadanya , bahwasannya saya ikut majelis ini karena saya yakin , mantab dengan khadim majelis tersebut , sanad keilmuan mereka jelas.

2. Di dalam majelis tsb , saya juga bisa bersilaturrahmi dengan para ulama'.

3. Majelis maulid , sarat akan memperbanyak sholawat kepada baginda nabi , apalagi saya bersholawat bersama-sama sungguh akan menambah semangat ku untuk terus mengumandangkan sholawat kepadanya.Dibandingkan dengan bersholawat sendiri dirumah , dapet 100x mungkin udah capek.
Didalam al-qur'an allah berfirman :
"Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi; wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu kepadanya dan ucapkan salam kepadanya.” (Al-Ahzab/33: 56)

4. Majelis itu selalu diisi dengan majelis ta'lim , ketahuilah saya amat senang dengan ilmu yang disampaikan oleh para da'i di majlis tsb dan juga sanad keilmuannya jelas.

5. Di majelis tersebut mengajarkan saya untuk bisa lebih takut kepada allah , dan juga menambah rasa mahabbah dan cinta ku , kepada baginda nabi muhammad.

Nah , sekarang para pecinta majelis rasulullah saw yakinkan hatimu untuk terus yakin dan mantab , bertambah semangat untuk selalu bersholawat kepada baginda nabi muhammad saw , kuatkan hatimu untuk tidak terpengaruh hasutan-hasutan mereka.Para akhiina fillah , semoga tulisanku ini bisa menjadikan ilmu yang manfa'at , menjadi bekal untuk bertaqarrub ilallah. Amiin

Aku kutip dari ceramah KH.Marzuki mustamar , dengan ada sedikit penambahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar