Jumat, 23 September 2011

Keutamaan Wudhu'

Wudhu' adalah salah satu proses bersuci secara lahir, untuk menghilangkan hadats kecil yang ada pada diri.Sesungguhnya tidak akan diterima sholat yang dilakukan tanpa bersuci.Maka hendaknya kita harus memperhatikan wudhu' kita.
Keutamaan Wudhu' :
1. Wudhu' adalah kuncinya sholat
sesuai dengan hadits nabi yang berbunyi : "Kuncinya surga adalah sholat , dan kuncinya sholat adalah wudhu' " (kitab sunan AT-Tirmidzi).
2. Wudhu' dapat menghilangkan dosa yang diperbuat oleh anggota badan
Sesuai dengan hadits nabi yang berbunyi : "Jika seorang muslim / mu'min berwudhu' , lalu ia membasuh wajahnya maka dosa-dosa yang berada di wajahnya karena pandangan mata , akan keluar bersama air atau bersama tetesan air yang terakhir atau yang semisal itu, jika ia membasuh tangan maka dosa-dosa yang berada di tangannya akan keluar bersama air atau bersama air yang terakhi , hingga ia keluar tanpa dosa sedikitpun". (kitab sunan AT-Tirmidzi).
3.Orang yang berwudhu akan mendapatkan wajah yang bercahaya di akhirat kelak, sehingga Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam akan meneganali mereka sebagai umatnya.
Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah Rahimahullah, ia berkata : “aku pernah mendengar kekasihku Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda : ‘Kemilau cahaya seorang mukmin (kelak pada hari kiamat) sesuai dengan batas basuhan wudhunya.” [1]
Dari Abu Hurairah radiallahuanhu, ia berkata bahwa ia pernah mendengar Rasulullah bersabda : “Sungguh umatku kelak akan datang pada hari kiamat dalam keadaan (muka dankedua tangannya) kemilau bercahaya karena bekas wudhu. Karenanya, barangsiapa dari kalian yang mampu memperbanyak kemilau cahayanya, hendaklah dia melakukannya (dengan memperlebar basuhan wudhunya)”
(HR. Bukhari Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar